Research Repository

Efektivitas Pengunaan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Ayu, Rizka Dwita
dc.date.accessioned 2020-09-15T04:12:06Z
dc.date.available 2020-09-15T04:12:06Z
dc.date.issued 2020-08-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5265
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Numbered Head Together efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Numbered Head Together efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas VII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pre – tes dan post – tes. Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan dari variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat yang berjumlah 118 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah VII-B SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kelas kontrol pada pre-test yaitu hasil belajar matematika siswa sebesar 46,5 dengan simpangan baku sebesar 9,4 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada post-test yaitu sebesar 64,33 dengan simpangan baku sebesar 6,78. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen pada pre-test yaitu hasil belajar matematika siswa sebesar 51,3 dengan simpangan baku sebesar 9,5 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada post-test sebesar 81,7 dengan simpangan baku sebesar 7,6. Pada uji normalitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi = 0,05, maka data pre-test kelas kontrol diperoleh Lo (0,122) < Ltabel (0,161) dan kelas ekperimen diperoleh Lo (0,146) < Ltabel (0,161). Data post test kelas kontrol diperoleh Lo (0,141) < Ltabel (0,161) dan data post-test kelas ekperimen diperoleh Lo (0,150) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n = 30 pada taraf Signifikasi = 0,05, maka pada pre-test (1,03 < 1,85) dan < pada post-test (1,26 < 1,85). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pada uji t diperoleh = 11,9 , pada taraf signifikasi 0,05 dengan n = 30 didapat harga =2,001717. Karena > atau 11,29 > 2,000 maka ditolak. Pada uji gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,39 tergolong sedang sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,7 tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat 2020/2021 en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject Numbered Head Together en_US
dc.title Efektivitas Pengunaan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account