dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Berbasis
Sekolah dalam peningkatan sumber daya guru di SD Muhammadiyah 02 Medan yang
dilakukan oleh Kepala Sekolah Dasar Muhamadiyah 02 Medan.
Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini berusaha untuk
menggambarkan dan menguraikan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah yang telah
dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhamadiyah 02 Medan yang meliputi perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, pengkontrolan, dan evaluasi.
Untuk mendapatkan hasil penelitian dan data, peneliti menggunakan teknik
wawancara dan observasi untuk kemudian data tersebut dianalisa sedemikian rupa
sehingga menjadi sebuah penelitian kualitatif.
Dari pembahasan dan deskripsi data yang telah dilakukan, didapatilah penelitian
ini menyimpulkan bahwa Manajemen yang dilaksanakan kepala SD Muhammadiyah
02 Medan memiliki dua pola yaitu struktural dan non struktural. Manajemen Berbasis
Sekolah dalam peningkatan sumber daya guru di SD Muhammadiyah 02 Medan yang
telah dilaksakan oleh Kepala Sekolah mengikuti fungsi-fungsi manajemen. Manajemen
berbasis sekolah dalam peningkatan sumber daya guru di SD Muhammadiyah 02
Medan memiliki keunggulan sebagai sekolah yang telah sesuai dengan standar Sekolah
Berbasis Manajemen. Sedangkan dari sisi kelemahan, tidak semua guru memiliki
kesempatan yang sama karena disebabkan beberapa pemasalahan yang menyertainya. |
en_US |