Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Pair
Check efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi
Agung T.P 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model
pembelajaran Pair Check efektif terhadap hasil belajar matematika kelas VIII di
SMP Budi Agung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Budi Agung T.P 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII
(4) sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Pair
Check dan siswa kelas VIII (2) sebagai kelas kontrol dengan menggunakan
metode ceramah. Pengembilan sampel dilakukan dengan teknik simpel random
sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VIII(2)
sebanyak 25 siswa dan VIII(4) sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang sudah divalidkan sebanyak 5
soal yang digunakan untuk soal pre-test dan soal post-test. Dari hasil penelitian
nilai rata-rata pada pre-test dikelas control yaitu 37,4 dan nilai rata-rata pre-test di
kelas eksperimen yaitu 41,4. Sedangkan nilai rata-rata pada post-test dikelas
kontrol yaitu 59,8 dan nilai rata-rata post-test dikelas eksperimen yaitu 84,8. Pada
uji normalitas dengan n = 25 pada taraf signifikan = 0,05 maka uji normalitas
menunjukkan data pre-tes pada kelas kontrol dan diperoleh yaitu
. Dan pada kelas eksperimen diperoleh yaitu
. Dan data post-test pada kelas kontrol diperoleh yaitu
. Dan sedangkan untuk data post-test dikelas eksperimen diperoleh
yaitu Dan dapat disimpulkan bahwa dengan data pre-test
dna post-test yang di dapat maka kedua kelas tersebut berdistribusi normal.
Karena yaitu . karena maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Itu berarti bahwa tingkat dari hasil belajar matematika
yang diajarkan di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipr Pair Check lebih efektif daripada pembelajaran di kelas kontrol
yang menggunakan metode ceramah. Dan dari hasil uji gain maka nilai gain pada
kelas eksperimen mencapai 0,73 yang dikategorikan tinggi dan nilai gain pada
kelas kontrol mencapai 0,34 yang dikategorikan sedang dengan demikian maka
hasil pengujian yang dilakukan dapay disimpulkan yaitu penggunaan model
pembelajaran Pair Check pada kelas eksperimen lebih ekfektif terhadap hasil
belajar matematika siswa SMP Budi Agung T.P 2020/2021