Research Repository

Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bilangan Bulat Di SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P. 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Nuradha, Hafni
dc.date.accessioned 2020-09-14T02:41:03Z
dc.date.available 2020-09-14T02:41:03Z
dc.date.issued 2020-08-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5247
dc.description.abstract Penelitian ini menggunakan Prosedur penelitian dan pengembangan yang di modifikasi dari ADDIE yang memiliki lima fase yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Namun, karena penelitian ini hanya menilai suatu kelayakan produk berupa Bahan Ajar dan RPP peneliti melakukan penilaian oleh 3 validasi yang terdiri dari Satu Dosen Matematika dan dua Guru Matematika. Penilaian bahan ajar dari ketiga validasi tersebut memperoleh nilai awal yang memiliki rata-rata 71,15% dengan kriteria “Layak” akan tetapi masih perlu dilakukan revisi dari saran setiap validasi, Kemudian Validasi terhadap RPP dari ketiga validasi memperoleh nilai rata-rata 74,16% dengan kriteria “Layak” dan peneliti juga harus melakukan revisi dari setiap saran yang diberikan oleh validasi. Setelah melakukan revisi terhadap bahan ajardari ketiga validasi memperoleh nilai rata-rata sebesar 95,19% dengan kriteria “Sangat Layak”, Kemudian nilai RPP dariketiga validasi memperoleh nilai rata-rata 90,83% dengan kriteria “Sangat Layak”. Setelah melakukan validasi produk selanjutnya melakukan Uji Coba yang memperoleh nilai rata-rata 94,3% dengan kriteria “Sangat Menarik”. Sehingga pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan bilangan bulat sangat layak untuk digunakan dengan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. en_US
dc.subject ADDIE en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject RPP en_US
dc.title Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bilangan Bulat Di SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P. 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account