Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Komalasari
dc.date.accessioned 2020-09-14T02:34:00Z
dc.date.available 2020-09-14T02:34:00Z
dc.date.issued 2020-08-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5244
dc.description.abstract Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bagaimana ratarata hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran 2020/2021 yang menggunakan model pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching And Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran 2020/2021 ; (2) Mengetahui bagaimana rata-rata hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran 2020/2021 yang menggunakan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran 2020/2021 dan (3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching And Learning) dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 61Tanjung Selamat sebanyak 5 kelas yang berjumlah 142 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching And Learning). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kelas kontrol pada nilai akhir yaitu sebesar 63 sedangkan rata-rata kelas eksperimen pada nilai akhir sebesar 81,5. Pada uji normalitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi 5 %, maka data nilai akhir pada kelas kontrol diperoleh (0,143) < (0,161) dan data nilai akhir kelas ekperimen diperoleh (0,134) < (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n = 30 pada taraf Signifikasi 5 %, maka pada nilai akhir (1,01 < 1,85). Maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut homogen. Pada uji t, dengan taraf signifikasi 5% dengan n = 30 didapat = 2,0001717. Karena ( ) > (2,001717), maka Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (H1) diterima. Sehingga terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat tahun pelajaran 2020/2021 en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account