Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bagaimana ratarata hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran
2020/2021 yang menggunakan model pembelajaran Konstektual (Contextual
Teaching And Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran 2020/2021 ; (2) Mengetahui
bagaimana rata-rata hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung tahun
pelajaran 2020/2021 yang menggunakan model pembelajaran langsung terhadap
hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran
2020/2021 dan (3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh model
pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching And Learning) dengan model
pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
Muhammadiyah 61 Tanjung tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah 61Tanjung Selamat sebanyak 5 kelas yang berjumlah
142 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas
kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung dan kelas VIII C sebagai
kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Konstektual (Contextual
Teaching And Learning). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes esai berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh
rata-rata kelas kontrol pada nilai akhir yaitu sebesar 63 sedangkan rata-rata kelas
eksperimen pada nilai akhir sebesar 81,5. Pada uji normalitas dengan n = 30 pada
taraf signifikasi 5 %, maka data nilai akhir pada kelas kontrol diperoleh
(0,143) < (0,161) dan data nilai akhir kelas ekperimen diperoleh
(0,134) < (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada kedua
kelas tersebut berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n = 30 pada
taraf Signifikasi 5 %, maka pada nilai akhir (1,01 < 1,85). Maka dapat
disimpulkan bahwa data tersebut homogen. Pada uji t, dengan taraf signifikasi 5%
dengan n = 30 didapat = 2,0001717. Karena ( ) >
(2,001717), maka Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (H1)
diterima. Sehingga terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kontekstual
(Contextual Teaching And Learning) dengan model pembelajaran langsung
terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung
Selamat tahun pelajaran 2020/2021