Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Active
Learning tipe Kuis Tim efektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMA
Harapan Mekar Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah model pembelajaran Active Learning Tipe Kuis Tim efektif
terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Harapan Mekar Tahun Pelajaran
2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-posttest only
group design. Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan dari variabel
penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA Harapan Mekar Kelas XI yang
berjumlah 54 siswa. . Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling
jenuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu XI IPA 1
berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 berjumlah 27 siswa
sebagai kelas kontrol. Dari hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata kelas
eksperimen adalah 46,296, sedangkan rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah
46,852. Dari hasil post-test diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah
81,111, sedangkan rata-rata pada kelas kontrol adalah 66,67. Dari analisis data
menunjukkan bahwa kelas eksperimen, nilai pre-test = 0,113 dan nilai posttest = 0,112. Sedangkan untuk kelas kelas kontrol, nilai pre-test = 0,109 dan
nilai post-test = 0,12 Untuk uji homogenitas pada pre-test kelas eksperimen
dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,422) < Ftabel (2,194). Untuk uji homogenitas
pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,101) < Ftabel
(2,194). Hasil analisis deskriptif data dan indeks gain kelas eksperimen dan kelas
kontrol menunjukkan bahwa rata-rata indeks gain kelas eksperimen adalah 0,7
dan kelas kontrol adalah 0,4. Selanjutnya dari hasil perhitungan t-test , diperoleh
thitung (5,489) > ttabel (2,006) artinya rata-rata hasil belajar siswa pada materi
matriks dengan model pembelajaran Active Learning Tipe Kuis Tim lebih tinggi
dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Ekspositori dan model pembelajaran Active Learning Tipe Kuis Tim efektif
terhadap hasil belajar matematika siswa