Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
student facilitator and explaining efektif terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VII SMP Budi Agung Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah model pembelajran student facilitator and explaining efektif
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Budi Agung Medan TP.
2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adlah seluruh kelas VII SMP Budi
Agung Medan. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2
kelas, yaitu kelas VII 2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan
VII 4 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen
menggunakan model student facilitator and explaining dan kelas kontrol
menggunakan model pembelajaran langsung. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang sudah divalidkan sebanyak 5 soal
yang digunakan untuk pre-test dan post-test. Dari hasil uji kesamaan dari data
hasil pre-test rata-rata antara kelas eksperimen adalah 37,8 dan kelas kontrol 36,4.
Sedangkan dari hasil post-test rata-rata antara kelas eksperimen adalah 80,4 dan
kelas kontrol 59,2.
Dari hasil perhitungan t-test, diperoleh karena
nilai lebih besar dibandingkan dengan nilai maka diterima dan
untuk harga-harga t lainnya ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar siswa pada
materi Himpunan dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining
lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran langsung dan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining efektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Budi Agung
Medan 2020/2021