Research Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Matematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Budi Agung Medan T.P 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Afrina, Tria Ulfa
dc.date.accessioned 2020-09-14T02:25:08Z
dc.date.available 2020-09-14T02:25:08Z
dc.date.issued 2020-08-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5241
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran Realistic Matematics Education efekif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Budi Agung Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif model Realistic Matematics Education terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Budi Agung Tahun Pelajaran 2020/2021 yang khusunya pada materi Bilangan, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan metode pre-test dan post-test dengan mengambil sampel yang dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen pada kelas VII 1 yang berjumlah 25 siswa dan kelompok kontrol pada kelas VII 3 yang berjumlah 25 siswa. kelompok eksperimen diberikan perilaku dengan menggunakan model Realistic Matematics Education pada setiap pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol hanya diberikan pembelajaran dengan metode ceramah. Kedua kelompok akan diberikan tes yang berupa soal. Dari hasil uji kesamaan dari data hasil pre-test dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 39,2 dan kelas kontrol 37,6. Sedangkan dari hasil post-test dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,2 dan kelas kontrol 61,4. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil tes ketuntasan belajar matematika bahwa siswa yang mendapatkan nilai tinggi pada kelas eksperimen yang mendapat ketuntasan berjumlah 23 siswa dan yang tidak tuntas 2 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Budi Agung Medan pada materi Bilangan Bulat dikategorikan Tuntas.Pada hasil uji normalitas menunjukkan data pre-test kelas kontrol diperoleh nilai Lo(0,153)< Ltabel(0,172) dan post-test diperoleh Lo(0,171)<Ltabel(0,172) dan data pre-test kelas eksperimen Lo(0,164) < Ltabel(0,172) dan post-test Lo(0,110) < Ltabel(0,172). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka hasil nilai pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Fhitung(1,03)<Ftabel(1,98) dan hasil uji homogenitas post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Fhitung(1,20)<Ftabel(1,98). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pre-test dan post-test terhadap hasil belajar matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen homogen menggunakan model Realistic matematics Education lebih efektif dibandingan kegiatan pembelajaran menggunakan model Ekspositori pada siswa SMP Budi Agung Medan T.P 2020/2021 en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject Model Realistic Matematics Education en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Matematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Budi Agung Medan T.P 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account