dc.description.abstract |
Kehadiran media online di masyarakat khususnya di kalangan mahasiswi sangat
pesat. Media online mampu mempengaruhi mahasiswi untuk mengikuti
perkembangan tren fashion khususnya di bidang makeup di zaman milenial ini.
Perkembangan tersebut tentunya membutuhkan peran beauty vlogger untuk
menjadi penyedia informasi dalam menghipnotis mahasiswi. Beauty vlogger
adalah seseorang yang memberikan tips dan tutorial untuk bermakeup dan outfit
fashion serta mempromosikan brand-brand kosmetik atau brand fashion lainnya
di vlog, youtube dan di instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis apakah terdapat pengaruh tayangan beauty vlogger dan perubahan
gaya hidup konsumtif mahasiswi ilmu komunikasi FISIP USU dan mahasiswi
ilmu komunikasi FIS UIN SU dan membandingkan dari kedua universitas
tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori komunikasi massa,
new media, social media, vlog/beauty vlogger, gaya hidup, teori SOR, dan teori
difusi inovasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional, dengan
jumlah populasi sebesar 291 mahasiswa dan sampel sebesar 74 mahasiswa yang
terdiri dari dua universitas, yakni program studi ilmu komunikasi Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara yang berjumlah 21 mahasiswa
dan program studi ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri
Sumatera Utara yang berjumlah 53 mahasiswa dengan menggunakan purposive
sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini dilaksanakan dari
bulan Maret sampai Mei 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner
dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, uji hipotesis korelasi sebesar 0,405 yang artinya
di tolak dan diterima yaitu terdapat pengaruh tayangan beauty vlogger dan
perubahan gaya hidup konsumtif mahasiswi di ilmu komunikasi USU dan UIN
SU. Dari hasil uji yang dilakukan peneliti, maka ditarik kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh tayangan beauty vlogger dan perubahan gaya hidup konsumtif
mahasiswa ilmu komunikasi FISIP USU dan mahasiswi ilmu komunikasi FIS
UIN SU. |
en_US |