Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan memproduksi teks
negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory,
Visualization, Intellectualy siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan Tahun
Pembelajaran 2019/ 2020, untuk mengetahui kemampuan memproduksi teks
negosiasi setelah menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory,
Visualization, Intellectualy siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan Tahun
Pembelajaran 2019/ 2020 dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy siswa kelas X SMA
Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2019/ 2020. Populasi Penelitian ini
adalah siswa kelas X SMA Dharmawangsa yang berjumlah 326 orang dengan
jumlah 10 kelas. Sampel penelitian ini diambil kelas X MIPA 1. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan memproduksi teks negosiasi
sebelum menggunakan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,
Visualization, Intellectually) memperoleh nilai rata-rata 42,30 dan hasil penelitian
kemampuan memproduksi teks negosiasi setelah menggunakan Model
Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually)
memperoleh nilai rata-rata 70,20. Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI
terhadap kemampuan memproduksi teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA
Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2019-2020, hal ini terbukti setelah
dilakukan uji hipotesis pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = N1 – 1 = 33 – 1
= 32 sehingga diperoleh ttabel = 1,694. Karena thitung > ttabel yaitu 15,51 > 1,694