Abstract:
Masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks
deskripsi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis menggunakan strategi
Image Streaming. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas strategi Image
Streaming dalam kemampuan menulis teks diskusi oleh siswa kelas VII SMP
Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 250 siswa yang
tersebar ke dalam 8 kelas. Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik
simple random sampling dan terpilih kelas VII 6 dan VII 7 yang berjumlah 30
siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam
penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrument penelitian ini berupa
tes esai yaitu menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa
kemampuan menulis teks deskripsi setelah menggunakan strategi Image
Streaming memperoleh nilai rata-rata 80,63 termasuk kategori (A), sementara
kelompok siswa yang tidak menggunakan strategi Image Streaming memperoleh
nilai rata-rata 59,17 termasuk dalam kategori (C). Dari hasil penelitian ini dapat
diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung >
ttabel yaitu 5, 93 > 2,001. Hal ini berarti terdapat efektiviras yang signifikan
penggunaan strategi Image Streaming dalam kemampuan menulis teks deskripsi
oleh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020.