Abstract:
Rendahnya kemampuan literasi matematika siswa salah satunya
disebabkan karena matematika mempunyai tingkat keabstrakan yang tinggi
sehingga peneliti mendesain sebuah media pembelajaran berbasis komik.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan komik
matematika edukatif dan inovatif berbasis literasi. Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (RnD) menggunakan model 4-D yaitu dahap pendefinisian
(define),
tahap perancangan (design), dan
tahap pengembangan
(develop).Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan ahli dan instrument
evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir
pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,78 dengan persentase 94,58
% memenuhi kriteria layak. Hasil penilaian akhir pada IPPP-2 oleh ketiga ahli
dengan dengan rata-rata skor 3,87 dengan persentase 96,67 % memenuhi kriteria
layak. Serta hasil penilaian akhir pada IPPP-3 oleh ketiga ahli dengan rata-rata
skor 3,69 dengan persentase 91,67 % memenuhi kriteria layak. Berdasarkan data
tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan Media Komik
Matematika Edukatif dan Inovatif Berbasis Literasi Materi Segiempat layak
digunakan