Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis
puisi karena tidak adanya media pendukung yang bervariasi dalam pembelajaran
yang ditandai dengan rendahnya hasil tes tugas menulis yang tidak mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh media komik terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII
SMP PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V yang berjumlah 210 yang
tersebar dalam 7 kelas. Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik
random kelas dan terpilih kelas VIII-3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas
eksperimen dan VIII-7 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam
penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dan intrumen penelitian yang
digunakan peneliti berupa tes esai yaitu menulis puisi. Berdasarkan hasil
penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan
media komik memperoleh nilai rata-rata 87 termasuk dalam kategori baik sekali
(A), sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan media komik
memperoleh nilai rata-rata 49,8 termasuk dalam kategori cukup (C). Dari hasil
penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipoteis uji t
diperoleh thitung > ttabel, yaitu 43,78 > 1,672. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang
signifikan dalam penggunaan media komik terhadap kemampuan menulis puisi
oleh siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020