Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Br Karo-karo, Chynta
dc.date.accessioned 2020-09-10T06:10:34Z
dc.date.available 2020-09-10T06:10:34Z
dc.date.issued 2020-08-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5174
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini berjumlah 50 siswa. Sampel berjumlah 25 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik random sampling atau teknik acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu dengan post testonly kontrol, yaitu cara suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menulis teks pantun, dengan teknik random sampling atau teknik acak penelitian data yang diperoleh siswa, alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis teks pantun.Hasil penelitian kelas eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) diperoleh nilai rata-rata 87,46 dan dikategorikan sangat baik diketahui siswa yang paling banyak mendapat nilai 80-100 sebanyak 25 siswa atau 100%, sedangkan kemampuan menulis pantun pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata 58,66 dan dikategorikan kurang diketahui siswa yang paling banyak mendapat nilai 40-55 sebanyak 12 siswa atau 48%. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji hipotesis ttabel = 1,677 diketahui bahwa thitung = 27,16 yaitu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis pantunpada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 en_US
dc.subject Think Pair Share en_US
dc.subject Menulis en_US
dc.subject Pantun en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account