Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share
(TPS) terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Taman
Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan
di SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 50 siswa. Sampel berjumlah 25 siswa yang terdiri dari
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan
sampel adalah teknik random sampling atau teknik acak. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu dengan post testonly
kontrol, yaitu cara suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu model
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menulis teks pantun, dengan teknik
random sampling atau teknik acak penelitian data yang diperoleh siswa, alat
pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis teks pantun.Hasil penelitian
kelas eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) diperoleh
nilai rata-rata 87,46 dan dikategorikan sangat baik diketahui siswa yang paling
banyak mendapat nilai 80-100 sebanyak 25 siswa atau 100%, sedangkan
kemampuan menulis pantun pada kelas kontrol dengan menggunakan metode
ceramah diperoleh nilai rata-rata 58,66 dan dikategorikan kurang diketahui siswa
yang paling banyak mendapat nilai 40-55 sebanyak 12 siswa atau 48%.
Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji hipotesis ttabel = 1,677
diketahui bahwa thitung = 27,16 yaitu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Think
Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis pantunpada siswa kelas VII SMP
Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020