Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning yang dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang valid. Penelitianini
menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang
meliputi empat tahapan yaitu yaitu pendefenisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi
maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan
pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop).
Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design
dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta
Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta intrumen pengumpulan
data berupa lembar validasi. Tahapan developdilakukan validasi instrumen berupa
angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi dan guru. Hasil dari
penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis problem based learninguntuk meningkatkan pemecahan masalah
matematis siswa SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian
validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0
dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,94 dengan kriteria valid dan guru
sebesar 4,25 dengan kriteria sangat valid, dan Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran didapat sebesar 4,16 dengan kriteria valid