Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
Apakah model pembelajaran MID (Meaningful Interactional Design) efektif
dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-MIPA SMAS Al-
Hikmah Medan?
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah model Meaningful
Interactional Design efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa
pada kelas X-MIPA SMAS Al-Hikmah Medan T.P 2020/2021.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Al-
Hikmah Medan yang berjumlah 150 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini
adalah kelas X-MIPA 2 SMAS Al-Hikmah Medan berjumlah 30 siswa sebagai
kelas kontrol dan kelas X-MIPA 1 SMAS Al-Hikmah Medan berjumlah 30 siswa
sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran
langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Meaningful
Interactional Design. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri
dari 5 soal.
Berdasarkan analisis data diperoleh data pre-test kelas kontrol diperoleh
Lo (0,155) < Ltabel (0,161) dan kelas ekperimen diperoleh Lo (0,152) < Ltabel
(0,161). Data post test kelas kontrol diperoleh Lo (0,089) < Ltabel (0,161) dan
data post-test kelas ekperimen diperoleh Lo (0,129) < Ltabel (0,161). Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas
berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi
= 0,05, maka ℎ
<
pada pre-test (1,07 < 1,85) dan ℎ
<
pada post-test (1,14 < 1,85). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data
tersebut homogen. Pada uji t diperoleh ℎ
= 6,000 , pada taraf signifikasi
0,05 dengan n = 30 didapat harga
= 2,000. Karena ℎ
>
atau
6,000 > 2,000 maka
ditolak. Pada uji gain ternormalisasi pada kelas kontrol
sebesar 0,5 tergolong sedang sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,7
tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
Meaningful Interactional Design efektif dalam meningkatkan hasil belajar
matematika pada siswa SMAS Al-Hikmah Medan T.P 2020/2021