Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemerolehan bahasa kedua (bahasa
Indonesia) di kelas rendah SD 046411 Desa Doulu Berastagi. Penelitian ini
dilakukan karena ingin mengetahui pemerolehan bahasa kedua siswa kelas satu
SD 046411 Desa Doulu dalam bentuk kelas kata. Sumber data penelitian ini
adalah pemerolehan bahasa kedua (bahasa Indonesia) siswa kelas satu berupa
kelas kata sebanyak delapan siswa. Adapun data penelitian ini adalah siswa kelas
satu SD 046411 Desa Doulu Berastagi. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan
gambaran bentuk pemerolehan bahasa kedua (bahasa Indonesia) berupa kelas kata
di SD 046411 Desa Doulu Berastagi. Instrumen dalam penelitian ini adalah
dokumentasi dan observasi dengan menganalisis pemerolehan bahasa kedua
(bahasa Indonesia) berupa kelas kata yang dikuasai oleh siswa SD 046411 Desa
Doulu Berastagi. Teknik analisis datanya yakni reduksi data , dapat diartikan
sebagai pengurangan data, berikutnya proses pengumpulan informasi yang
disusun berdasarkan pengelompokan-pengelompokan yang telah dibuat, maka
peneliti dapat menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pemerolehan bahasa kedua(bahasa Indonesia) yang dimiliki oleh siswa dapat
disampaikan dengan baik karena mampu mengungkapkan pemerolehan bahasa
kedua (bahasa Indonesia) berupa kelas kata dengan respon cakap