Research Repository

Analisis Makna Gaya Bahasa Dalam Slogan Makanan Ringan di Televisi

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadani, Ika Suci
dc.date.accessioned 2020-09-07T04:27:52Z
dc.date.available 2020-09-07T04:27:52Z
dc.date.issued 2020-08-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5146
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna gaya bahasa yang digunakan dalam slogan iklan makanan ringan biskuit di televisi. Subjek penelitian adalah slogan iklan makanan ringan biskuit yang ditayangkan pada saluran televisi swasta yakni TRANS TV pada tanggal 20 April – 26 April. Data diperoleh dari slogan iklan produk makanan ringan biskuit di televisi yang berupa kalimat dan gambar iklan produk biskuit. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yaitu data yang berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang atau prilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik catat. Instrumen penelitian adalah human instrumen yaitu peneliti sendiri dengan segenap pengetahuannya tentang makna gaya bahasa produk makanan ringan di televisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukannya makna gaya bahasa pada slogan makanan ringan biskuit yang ditayangkan di televisi pada tanggal 20 April26 April 2020. Terdapat enam kategori gaya bahasa yang terdiri dari 2 gaya bahasa metafora, 2 gaya bahasa pertanyaan retoris, 5 gaya bahasa asonansi, 2 gaya bahasa aliterasi, 2 gaya bahasa repetisi, dan 2 gaya bahasa hiperbola. Serta terkandung makna semantik di dalam slogan iklan biskuit tersebut, diantaranya makna kias terdapat dalam slogan iklan biskuit Roma Kelapa dan Belvita ; makna gramatikal terdapat dalam slogan iklan biskuit Chizmill dan Pejoy; makna denotatif terdapat dalam slogan iklan biskuit Tango, Slai O’lai, Beng-beng, Richese Ahh, Zuper Keju, Pocky, dan Roma Sari Gandum; makna leksikal terdapat dalam slogan iklan biskuit Fullo dan Torry Cheese Craker; makna konotatif terdapat dalam slogan iklan biskuit Hello Panda. en_US
dc.title Analisis Makna Gaya Bahasa Dalam Slogan Makanan Ringan di Televisi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account