dc.description.abstract |
Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yang diberikan kepada
siswa agar mampu mengatasi permasalahan - permasalahan yang dialaminya, baik
yang bersifat pribadi maupun sosial, sehingga mampu membina hubungan sosial
yang harmonis di lingkungan. Bimbingan kelompok dalam bimbingan dan
konseling mengajarkan siswa untuk dapat berpikir lebih baik dari setiap
permasalahan yang dihadapi. Komunikasi antar pribadi adalah hubungan antar
manusia (human relation) yang menunjuk kepada interaksi atau seperangkat
keterampilan untuk berkomunikasi secara efektif, baik secara verbal maupun non
verbal. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Binaan Provsu Jalan Karya Dalam
No 27, kecamatan Medan Barat, kelurahan Karang Berombak, kota Medan,
Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan
komunikasi antar pribadi siswa kelas X TKJ SMK Negeri Binaan Provsu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa kelas X TKJ SMK
Negeri Binaan Provsu. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah peneliti bekerja
sama dengan guru BK. Dan yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas
X TKJ sebanyak 8 siswa yang memiliki kriteria permasalahan terkait komunikasi
antar pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan yang
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun instrumen pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi data yang
peneliti lakukan dapat disimpulkan: Layanan bimbingan kelompok adalah solusi
yang tepat untuk menangani masalah komunikasi antar pribadi. Karena mengingat
masalah tersebut menuntut berkembangnya kemampuan sosialisasi siswa, dan
layanan yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah layanan bimbingan
kelompok. |
en_US |