Abstract:
Penelitian ini dilakukan di Kantor Camat Simpang Kanan Rokan Hilir, penelitian
ini bertujun untuk mengetahui peningkatan profesionalisme Aparatur Sipil Negara
dalam rangka pengurusan kartu keluarga. Penelitian dilakukan melalui pendekatan
deskriptif. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui analisis data
kualitatif. Data digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisah
menurut kategorisasi yaitu; 1) Berdasarkan hasil wawancara dan observasi
dilapangan dan kemudian di bahas untuk mendapatkan kesimpulan peningkatan
profesionalisme pegawai Aparatur Sipil Negara dalam rangka pelayanan
pengurusan kartu keluarga di Kantor Camat Simpang Kanan Rokan Hilir; 2)
Bentuk pengembangan karier yang diberikan kepada pegawai sudah lumayan
baik, tetapi harus lebih ditingkatkan lagi pengembangan karier yang diberikan
oleh pegawai agar dapat bekerja sesuai tugas dan fungsinya; 3) Pegawai dapat
memaksimalkan ketepatan waktu dari penyelesaian surat menyurat; 4)
Kemampuan pegawai tergantung dari tugas pokok dan fungsi serta pendidikan,
pengalaman dan pemahaman yang dimiliki pegawai; 5) Pegawai dapat melakukan
dengan waktu cepat dan tepat dalam menyelesaikan pekerjaannya; 6) Etos kerja
yang dimiliki pegawai juga sudah baik, hanya saja peralatan kantor yang ada
dikantor camat yang kurang memadai sehingga menghambat etos kerja
pegawainya; 7) Disarankan kepada Camat Simpang Kanan Kabupaten Rokan
Hilir agar memperhatikan dan meningkatkan kemampuan aparatur dalam
memberikan pelayanan sesuai dengan waktu yang ditetapkan, cekatan dalam
memberikan informasi dan memberikan kemudahan prosedur pelayanan bagi
masyarakat; 8) Selain itu, diharapkan kepada Camat Simpang Kanan agar dapat
memberikan pelatihan dan meningkatkan kedisiplinan aparatur dalam
melaksanakan pelayanan publik terhadap masyarakat guna mewujudkan
pelayanan yang efektif.