Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru
dalam meningkatkan minat belajar anak dengan menggunakan media
pembelajaran buku bergambar.
Dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif
dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokomentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan juli tahun semester
pertama tahun 2020. Observasi yang dilakukan yaitu melihat keadaan situasi
lingkungan TK Annur apakah lokasi tersebut bisa menjadi objek penelitian
kemudian, wawancara dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada
guru-guru di TK Annur tentang strategi guru dalam mengajar, selanjutnya
dokumentasi yaitu berupa foto-foto pada saat peneliti sedang berwawancara
dengan guru-guru yang ada di TK Annur.
Hasil penemuan penelitian tentang proses pembelajaran di TK An Nur,
menggunakan media buku bergambar pelaksanaannya setiap hari yaitu pada
pertengahan pembelajaran setelah selesai isrirahat dan makan, semua anak
mengikuti proses pembelajaran dengan seksama. Kemudian pada saat
pembelajaran sedang berlangsung, guru sudah menggunakan strategi yang bagus,
hanya saja anak masih ada yang belum mempunyai minat belajar sehingga proses
pengelolaan kelas dalam belajar belum sempurna. Dan ada kendala juga terhadap
waktu karena menngunakan media buku bergambar setelah selesai istrirahat dan
anak-anak di dalam kelas masih terbawa suasana bermain.
Tujuan penelitian ini untuk mengatahui bagaiamana strategi guru dalam
meningkatkan minat belajar anak dengan menggunakan media pemebelajarab
buku bergambar di TK An Nur Kecamatan Medan Timur.
Minat belajar anak dengan menggunakan media pembelajaran buku
bergambar menunjukkan bahwa terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak
karena media pembelajaran buku bergambar di TK Annur sangatlah berperan
penting bagi tenaga pendidik TK Annur. Dan media buku bergambar mempunyai
banyak variasi warna dan gambar-gambar yang sangat disukai oleh anak usia dini.