Abstract:
Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu akan melakukan perbaikan dalam proses
pembelajaran kepada anak dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu dalam mengembangkan
kemandirian anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola bimbingan orang
tua dalam mengembangkan kemandirian anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah orang tua yang ada di
Kelurahan Tegal Sari Kisarandan anak dengan berjumlah 10 orang anak dan 10 orang tua. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain wawancara, observasi dan
dokumentasi, serta teknik analisis data yang terdiri dari dat reduction, data display, dan data
conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian tentang pola bimbingan orang tua
dalam mengembangkan kemandirian anak di kelurahan tegal sari kisaran tahun 2020 adalah hanya
70% orang tua yang berhasil membimbing anaknya, orang tua yang berhasil membimbing anak
memiliki cara sama yaitu melalui pembiasan, keteladanan dan komunukasi. Dan 30% orang tua tidak
berhasil dalam membimbing anak menjadi mandiri. Orang tuamengembangkan kemandirian anaknya
seperti anak sudah mandiri dalam memasang dan melepas kancing pakaian, membereskan mainan,
mandi dan makan dengan sendiri.