Abstract:
Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu akan melakukan perbaikan
pada strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan
kemampuan bahasa pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana perkembangan bahasa anak serta strategi guru yang digunakan dalam
meningkatkan kemampuan bahasa anak. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah guru
yang ada disekolah RA An-Najwan dan orangtua murid dengan jumlah 3 orang 8
orangtua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisa data
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari informan, bahwa
perkembangan bahasa anak di RA An-Najwan berkembang dengan baik, Strategi
yang dilakukan oleh guru di RA An-Najwan adalah strategi ekspositori yang mana
pembelajarannya tersrtuktur, dan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak
ada beberapa cara yang dilakukan oleh guru yaitu seperti: bercerita, bernyanyi,
latihan, dan tanya jawab.