dc.description.abstract |
Pola komunikasi dakwah merupakan bentuk atau model serta gaya komunikasi antara dua
orang atau lebih dalam proses penyampaian pesan agama serta ajakan menyeru kepada
kebaikan. Dakwah islam pada dasarnya merupakan kewajiban para seluruh muslim dalam
menjalankan agamanya sebagai agama menyeru kebada kebaikan dan menjauh kepada
keburukan. Di era modern sekrang ini sudah menjadi keharusan bagi segenap pendakwah untuk
memanfaatkan media serta segala teknologi untuk mempermudah pencapaian jalan dakwah
dan sasaran dakwaah tersebut. Salah satu media komunikasi yang efektif adalah televisi,
karena hamper seluruh masyarakat menonton televisi pada saat sekarang ini. Penelitian ini
bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan wawancara mendalam kepada
responden yang sudah ditentukan, pengumpulan data ini juga dibantu dengan melakukan
wawancara kepada seluruh anggota Aksi (Akademi Sahur Indonesia). Adapun yang menjadi
pokok permasalahan adalah bagaimana pola komunikasi Komunitas Aksi (Akademi Sahur
Indonesia). Penelitian ini mengadakan wawancara dan pengumpulan data serta
dokumentasi.Penelitin ini menunjukkan bahwa pola komunikasi Komunitas Aksi (Akdemi
Sahur Indonesia) merupakan model komunikasi yang berbeda antara berdakwah ditelevisi dan
dikhalayak masyarakat secara langsung yang bersifat humanistik, pendekatan terhadap jamaah.
Sesuai dengan situasi dan kondisi audiens |
en_US |