dc.description.abstract |
Penelitian ini menjelaskan mengenai komodifikasi isi program siaran
Indonesia Lawyers Club TvOne episode Anies Tak Putus Dirundung Tuduhan edisi
12 November 2019. Menggunakan teori ekonomi politik media Vincent Mosco,
komodifikasi isi yaitu Proses mengubah pesan dan sekumpulan data ke dalam
sistem makna sedemikian rupa sehingga menjadi produk yang bisa
v
dipasarkan.Tujuan dilakukan penelitian ini ialah Untuk mengetahui bagaimana
media mengkomodifikasi isi program siaran untuk menarik perhatian pemirsa pada
tayangan Indonesia Lawyers Club pada tema tersebut, membuka tabir bagaimana
media menjadikan isi pesan program siaran sebagai komoditas utama untuk dijual
ke pasar. ILC hadir dengan format diskusi yang berbeda dengan talkshow lainnya.
Program ini menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten dan setiap tema
yang diangkat selalu berdasarkan isu yang sedang hangat terjadi. Episode Anies
Tak Putus Dirundung Tuduhan menjadi tema sentral ILC untuk mengupas segala
perdebatan akan isu tidak transparan pengalokasian dana APBD DKI Jakarta yang
dilakukan oleh Gubernur Anies Baswedan. Hasil dari penelitian ini melihat
bagaimana ILC mengkomodifikasi isi pesan dengan memanfaatkan momentum dari
isu yang sedang hangat, menghadirkan narasumber dan pembawa acara yang
berkompeten dibidangnya menjadikan point utama untuk menarik perhatian
masyarakat agar menonton tayangan tersebut sehingga dapat mengait pengiklan
sebagai sponsor program talkshow ILC |
en_US |