Research Repository

Analisis Pemasaran Green Bean Kopi Arabika Gayo (Coffea Sp)

Show simple item record

dc.contributor.author Konadi, Sahrial
dc.date.accessioned 2020-02-29T10:50:20Z
dc.date.available 2020-02-29T10:50:20Z
dc.date.issued 2019-03-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/495
dc.description.abstract Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara populasi. Sampel petani dalam penelitan ini sebanyak 25 orang, sampel pedagang pengumpul sebanyak sebanyak 7 orang, sampel pedagang besar sebanyak 2 orang. Metode penentuan sampel penelitian dilakukan secara sensus. Metode analisis data untuk rumusan masalah pertama di analisis dengan analisis deskriptif, rumusan masalah kedua dianalisis dengan metode share margin dan rumusan masalah ketiga dianalisis dengan rumus total biaya pemasaran dibagi harga beli konsumen akhir dikali 100%. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Saluran pemasaran didaerah penelitian terdiri dari tiga saluran pemasaran, saluran pemasaran yang pertama dari petani ke pedagang pengumpul, dan pedagang pengumpul ke parantara, lalu perantara ke eksportir. Saluran pemasaran kedua dari petani ke pedagang besar lalu dari pedagang besar ke pedagang eksportir. Dan saluran pemasaran tiga dari petani ke pedagang pengumpu kemudian pedagang pengumpul ke pedagang besar lalu pedagang besar ke pedagang eksportir. 2). Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga kerja, karung goni, pengilingan, pencucian, dan biaya pengeringan untuk pedagang pengumpul. 3). Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar 22,46% dengan margin pemasaran sebesar Rp. 4.800/Kg. Share margin yang di peroleh pada saluran II sebesar 19,96% dengan margin pemasaran sebesar Rp. 4.500/Kg, dan share margin saluran III sebesar 24,65% dengan margin pemasaran Rp. 5.000/Kg. Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 22,46% < 50%, Efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 19,96%< 50%, Efisiensi pemasaran III sebesar 24,65%<50%. en_US
dc.subject Pemasaran green bean kopi en_US
dc.subject Margin pemasaran en_US
dc.subject Efisiensi Pemasaran en_US
dc.title Analisis Pemasaran Green Bean Kopi Arabika Gayo (Coffea Sp) en_US
dc.title.alternative Studi Kasus : ( Desa Tanjung Pura Kec Bandar, Kab Bener Meriah ) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account