dc.description.abstract |
Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara populasi. Sampel
petani dalam penelitan ini sebanyak 25 orang, sampel pedagang pengumpul
sebanyak sebanyak 7 orang, sampel pedagang besar sebanyak 2 orang. Metode
penentuan sampel penelitian dilakukan secara sensus. Metode analisis data untuk
rumusan masalah pertama di analisis dengan analisis deskriptif, rumusan masalah
kedua dianalisis dengan metode share margin dan rumusan masalah ketiga
dianalisis dengan rumus total biaya pemasaran dibagi harga beli konsumen akhir
dikali 100%.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Saluran pemasaran
didaerah penelitian terdiri dari tiga saluran pemasaran, saluran pemasaran yang
pertama dari petani ke pedagang pengumpul, dan pedagang pengumpul ke
parantara, lalu perantara ke eksportir. Saluran pemasaran kedua dari petani ke
pedagang besar lalu dari pedagang besar ke pedagang eksportir. Dan saluran
pemasaran tiga dari petani ke pedagang pengumpu kemudian pedagang
pengumpul ke pedagang besar lalu pedagang besar ke pedagang eksportir. 2).
Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga kerja, karung goni,
pengilingan, pencucian, dan biaya pengeringan untuk pedagang pengumpul. 3).
Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar 22,46% dengan margin
pemasaran sebesar Rp. 4.800/Kg. Share margin yang di peroleh pada saluran II
sebesar 19,96% dengan margin pemasaran sebesar Rp. 4.500/Kg, dan share
margin saluran III sebesar 24,65% dengan margin pemasaran Rp. 5.000/Kg.
Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 22,46% < 50%, Efisiensi pemasaran
pada saluran II sebesar 19,96%< 50%, Efisiensi pemasaran III sebesar
24,65%<50%. |
en_US |