Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran
Show Not Tell terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII MTs
Miftahussalam Medan tahun pembelajaran 2019-2020. Penelitian dilaksanakan di
MTs Miftahussalam Medan yang terletak di Jl. Darussalam no 26abc dengan
jumlah populasi penelitian 108 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 72
orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks narasi siswa setelah belajar dengan
model Show Not Tell berada pada kategori tinggi dengan kecenderungan sebesar
48,6% (18 siswa) sedangkan kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII MTs
Miftahussalam Medan sebelum belajar dengan model pembelajaran Show Not Tell
berada pada kategori rendah dengan kecenderungan sebesar 14,3% (5 siswa),
Berdasarkan hasil uji hipotesis t. Thitung > Ttabel yaitu 18,29 > 1,671, maka hipotesis
nihil (Nol) diterima dan hipotesis alternative (Ha) ditolak. Hal ini menunjukkan
bahwa pembelajaran Show Not Tell terhadap kemampuan menulis teks narasi
memiliki pengaruh satu sama lain