Research Repository

Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Realitas Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa Di Kelas Xi Rpl Smk Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Yanni, Febri
dc.date.accessioned 2020-08-24T10:13:10Z
dc.date.available 2020-08-24T10:13:10Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4875
dc.description.abstract Konseling kelompok adalah Layanan konseling kelompok merupakan salah satu layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Layanan konseling kelompok secara terpadu dalam pelaksanaan layanan bimbigan dan konseling disekolah. Sebagai kegiatan. layanan konseling kelompok merupakan upaya bantuan untuk dapat memecahkan masalah siswa dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi kecemasan sosial siswa di kelas XI RPL SMK Negeri 1Binjai. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 56 siswa dengan objek sebanyak 6 orang siswa yang terdiri dari 3 siswi perempuan dan 3 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa sebelum diberikan layanan konseling kelompok siswa banyak mengalami kecemasan sosial di lingkungan sekolahnya misalnya siswa gugup, berkeringat, gemetaran, tidak berani bertatap mata secara langsung kepada orang asing, jantung berdebar-debar dll. Permasalahan tersebut didapat dari hasil observasi dan wawancara langsung kepada siswa di kelas XI RPL SMK Negeri 1 Binjai. Setelah dilakukan konseling kelompok siswa tidak terlalu gugup lagi berbicara dengan orang baru. Jantung tidak lagi berdebar kencang dan tidak gemetaran saat berbicara dan bertemu dengan orang asing. en_US
dc.subject Konseling Kelompok, RPL, Kecemasan Sosial en_US
dc.title Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Realitas Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa Di Kelas Xi Rpl Smk Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account