Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Directed
Reading Thinking Activity (DRTA) setelah digunakan dalam menentukan
Kemampuan Menentukan unsur Intrinsik cerpen oleh Siswa Kelas XI SMA
Taman Siswa Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan
peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Kelompok eksperimen
menerapkan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Taman Siswa Medan
Tahun Pembelajaran 2019-2020. Sampel penelitian ini dibedakan menjadi dua
kelompok yaitu yaitu sebanyak 20 siswa (XI IPA 1) dimasukan ke kelas
eksperimen menggunakan Metode Directed Reading Thingking activity dan 20
siswa (XI IPA 2) dimasukan ke kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode Directed Reading
Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan menentukan unsur intrinsik
cerpen. Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel
diperoleh thitung > ttabel atau 4,983 > 1,69, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak,
artinya metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) lebih baik
digunakan dalam meningkatkan kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen
pada siswa Kelas XI SMA Taman Siswa tahun pembelajaran 2019/2020
dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode Directed Reading Thinking
Activity (DRTA).