Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research,
fokus penelitian menggunakan buku. Setelah penulis mengkaji dan menganalisis
tentang metode pendidikan pada anak usia dini yang terdapat di dalam Al-Quran
surat An-Nahl ayat 125, maka penulis dapat menyimpulakan bahwa pada AlQuran
surah An-Nahl ayat 125 terdapat 3 macam metode pendidikan, yakni;
metode Hikmah (perkataan yang bijak), metode Mau’idzhah Hasanah (Nasihat
Yang Baik), dan metode Jidal (Debat). Hikmah itu menarik orang yang belum
maju kecerdasannya dan tidak dapat dibantah oleh orang yang lebih pintar.
Kebijaksanaan itu bukan saja dengan ucapan mulut, melainkan dengan tindakan
dan sikap hidup. Hikmah adalah cara yang mencakup seluruh kecerdasan
emosional, intelektual dan spiritual. Pengaplikasiannya dalam pendidikan Islam,
mengindikasikan adanya tanggung jawab pendidik. Dengan pengetahuan yang
dalam, akal budi yang mulia, perkataan yang tepat dan benar, serta sikap yang
proporsional dari pendidik, maka tujuan pendidikan dapat terwujud dengan tidak
mendendam, berbuat baik, berkata jujur, sopan dan santun, serta tidak melakukan
kekerasan. Mau’idzhah Hasanah (Nasihat yang baik), adalah bentuk pendidikan
dengan memberikan nasehat dan peringatan baik dan benar, perkataan yang lemah
lembut, penuh dengan keikhlasan, sehingga peserta didik terdorong untuk
melakukan segala aktivitasnya dengan baik. Pada mau’idhzah hasanah ini
mencakup targhib (seruan kearah kebaikan dan memberi iming-iming balasan
kebaikan) dan tarhib (seruan untuk meninggalkan keburukan dengan memberi
peringatan dan ancaman bagi mereka yang melanggar).