Abstract:
Cuqow adalah wedding organizer yang bergerak pada bidang jasa, dimana jasa
tersebut dipergunakan untuk membantu dan mengatur berlangsungnya acara
pernikahan sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan di awal. Semakin
banyaknya jasa WO di Indonesia, pihak WO juga memikirkan segala cara untuk
mempromosikan jasa mereka, mulai dari melakukan promosi di instagram,
mengikuti bazaar dan wedding expo. Dari tahun 2017-2019 cuqow telah
mengerjakan wedding sebanyak 52 kali, dan melalui personal selling ada sekitar
23 kali. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan diteliti
dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi wedding organizer cuqow
dalam menjaga eksistensi. Teori – Teori yang dibahas dalam penelitian ini adalah,
komunikasi publik, wedding organizer, komunikasi massa, pengertian strategi,
pengertian promosi, pengertian strategi promosi dan eksistensi. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informan atau narasumber dalam penelitian ini adalah 2 orang
pemilik jasa wedding organizer dan 3 orang pasangan pengantin yang pernah
menggunakan jasa wedding organizer. Teknik analisis data yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah dengan penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi promosi wedding organizer cuqow dalam menjaga
eksistensi meliputi periklanan, personal selling, memperluas jaringan usaha,
jumlah followers, jumlah kontrak, dan respon client.