Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model Quantum Learning
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, 2) Perbedaan
kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajarkan dengan
model Quantum Learning dengan siswa yang diajarkan dengan Direct
Instructional.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester
GenapMTs Aisyiyah Sumatera Utara Tahun Akademik 2019/2020 yang
berjumlah 3 kelas, sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas
yang dipilih menggunakan random sampling, sehingga semua kelas berpeluang
menjadi sampel. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas 10
pertanyaan yang dinyatakan valid dan reliabel. Data pada penelitian ini
merupakan data kuantitatif. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang
digunakan pada penelitian ini menggunakan SPSS dengan penggunaan uji beda
berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) model Quantum
Learningmemiliki pengaruhterhadap pemahaman konsep matematika
siswasebesar 33,9%, sedangkan sisanya merupakan variabel lain yang tidak
diteliti pada penelitian ini, 2) hasil pemahaman konsep matematis siswa dengan
menerapkanmodel quantum learningdiperoleh nilai rata-rata postes sebesar 83,17
dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65,00 serta simpangan baku 8,85,
sedangkan menggunakan model direct instructional diperoleh nilai rata-rata
postes sebesar 71,50 dengan nilai tertinggi 85,00 dan nilai terendah 55,00 serta
simpangan baku 7,67