Abstract:
Penelitan ini bertujun untuk mengembangkan media game Puzzle dengan
Pendekatan Guided Discovery pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model
ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desaain), Development
(Pengembangan), Implement (Implementasi) and Evaluation (Evaluasi). Namun
pada peneltian ini hanya sampai pada tahap ADD saja yaitu Analyze (Analisis),
Design (Desaain), Development (Pengembangan). Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar validasi RPP dan lembar
validasi Media Pembelajaran oleh para ahli. Berdasarkan hasil validasi yang
dilakukan oleh beberapa validator, pengembangan media game Puzzle dengan
Pendekatan Guided Discovery pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dinyatakan
memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 4,3 dengan kriteria sangat
baik/ sangat valid dan skor rata-rata media pembelajaran berupa media game
puzzle 4,16 dengan kriteria baik/valid. Pada saat uji coba kepraktisan rata-rata
yang diperoleh sebesar 4,45 dengan kategori Sangat baik/ Sangat praktis dan pada
uji coba keefektifan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 85,3 dengan
persentase sebesar 90% untuk ketuntasan tes hasil belajar dengan kategori Sangat
baik/ Sangat efektif