Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Quick on The Draw terhadap kemampuan menyimpulkan isi teks
laporan hasil observasi oleh siswa SMP PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran
2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 78 orang siswa
terdiri dari kelas VII-1 berjumlah 25 siswa, VII-2 berjumlah 28 siswa, dan VII-3
berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen.
Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Hasil pengolahan data pada penelitian
ini menunjukkan kemampuan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi
menggunakan model pembelajaran Quick on The Draw memperoleh nilai rata-rata
sebesar 79,82 dikategorikan nilai baik, sedangkan kemampuan menyimpulkan isi
teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran Direct Instruction
memperoleh nilai rata-rata sebesar 46,16 dikategorikan kurang. Berdasarkan uji t-
hipotesis diterima bahwa Thitung > Ttabel yaitu 10,59 > 1,677. Ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran Quick on The Draw tehadap kemampuan
menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP PAB 9
Klambir V tahun pembelajaran 2019/2020