Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh pyshical distancing terhadap minat belajar anak TK Abi and
Ummi di rumah. Berdasarkan hasil penelitian dan penjabaran hasil penelitian
bahwa terdapat pengaruh pyshical distancing terhadap minat belajar anak TK Abi
And Ummi di Rumah yang ditunjukkan dengan perhitungan harga koofisien
korelasi rhitung lebih besar dari harga koefisien rtabel yaitu 0,471 > 0,423. Artinya
bahwa terdapat pengaruh pyshical distancing terhadap minat belajar anak TK Abi
And Ummi di Rumah. Selanjutnya hubungan kedua variabel penelitian yaitu
pengaruh pyshical distancing terhadap minat belajar anak TK Abi And Ummi di
Rumah, dikonfirmasikan kepada tabel interpretasi data sesuai perhitungan atau
analisis. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y
dalam kategori sedang yaitu 0,471 antara 0,400 < r < 0,599. Berdasarkan hasil
analisis hasil uji reliabilitas menunjukan instrumen penelitian cukup dapat
dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data karena instrumen tersebut
sudah baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka interval persentase diketahui
bahwa pyshical distancing berada pada persentase 80,54 atau jika di
interpretasikan dengan tabel persentase yaitu antara 62,51% - 81,25%