Research Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Kunjungan (Field Trip) terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Irmade Dwi May
dc.date.accessioned 2020-08-13T02:11:56Z
dc.date.available 2020-08-13T02:11:56Z
dc.date.issued 2020-04-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4767
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi sebelum penggunaan metode pembelajaran kunjungan (Field Trip) oleh siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020, untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi sesudah penggunaan metode pembelajaran kunjungan (Field Trip) oleh siswa Kelas VIISMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kunjungan (Field Trip) setelah digunakan dalam menentukan kemampuan menulis teksdeskripsiolehsiswa kelas VIISMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (NonDesign). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 61 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah menggunakan total sampling yaitu semua populasi dijadikan sampel. Yang dijadikan sampel dalam penelitian adalah 1 kelas yaitu VII-A sebanyak 35 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode Metode Pembelajaran Kunjungan (Field Trip) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi. Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung> ttabel atau 4,436 > 1,69, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya metode Metode Pembelajaran Kunjungan (Field Trip) lebih baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 tahun pembelajaran 2019/2020 dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode Metode Pembelajaran Kunjungan (Field Trip) en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Kunjungan en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Deskripsi en_US
dc.title Pengaruh Metode Pembelajaran Kunjungan (Field Trip) terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account