dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Mengetahui saluran pemasaran kakao di
daerah penelitian. 2). Mengetahui besar Margin saluran pemasaran kakao di
daerah penelitian. 3). Mengetahui besar efisiensi pemasaran kakao di daerah
penelitian.
Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Saluran pemasaran didaerah
penelitian terdiri dari dua saluran pemasaran, saluran pemasaran yang pertama
dari petani ke pedagang pengumpul, dan pedagang pengumpul ke pabrik. Saluran
pemasaran dua dari petani kepedagang agen kecil lalu dari agen kecil ke
pedagangpengumpul (agen Besar) lalu dari pedagang pengumpul ke pabrik. 2).
Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga kerja, dan biaya
pengemasan untuk tiap-tiap lembaga pemasaran. Share margin yang di peroleh
pada saluran I sebesar 88,9%. Share margin yang di peroleh pada saluran II
sebesar 85,18% . 3). Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 1,1% <50%,
Efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 4,29%<50%. |
en_US |