Research Repository

Penerapan Self Regulated Learning (kemandirian belajar) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 58 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Pakpahan, Khairi Rahmah
dc.date.accessioned 2020-02-29T10:25:54Z
dc.date.available 2020-02-29T10:25:54Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/467
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah self-regulated learning (kemandirian belajar) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII semester I SMP MUHAMMADIYAH 58 MEDAN tahun pelajaran 2019/2020. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan Self Regulated Learning (kemandirian belajar) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 58 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – A SMP Muhammadiyah 58 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah penerapan Self Regulated Learning (kemandirian belajar) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Muhammadiyah 58 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas). Dan hasil gain adalah 0,7749, berdasarkan tabel kategori gain, hasil pretest dan posttest diinterpretasikan kedalam kriteria tinggi. Kategori tinggi hasil uji gain menunjukkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah proses pembelajaran Self Regulated Learning (kemandirian belajar). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan Self Regulated Learning (kemandirian belajar). en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah en_US
dc.subject Metode Self Regulated Learning en_US
dc.title Penerapan Self Regulated Learning (kemandirian belajar) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 58 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account