Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah self-regulated learning (kemandirian belajar) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII semester I SMP MUHAMMADIYAH 58 MEDAN tahun pelajaran 2019/2020. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan Self Regulated Learning (kemandirian belajar) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 58 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – A SMP Muhammadiyah 58 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah penerapan Self Regulated Learning (kemandirian belajar) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Muhammadiyah 58 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas). Dan hasil gain adalah 0,7749, berdasarkan tabel kategori gain, hasil pretest dan posttest diinterpretasikan kedalam kriteria tinggi. Kategori tinggi hasil uji gain menunjukkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah proses pembelajaran Self Regulated Learning (kemandirian belajar). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan Self Regulated Learning (kemandirian belajar).