Abstract:
Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media video
pembelajaran matematika yang nantinya akan diproduksi dalam bentuk CD
(Compact Disc) dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) matematika pada
siswa kelas X AK-1 di SMK PAB 2 Helvetia. Produk dikembangkan dengan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni Analisis (Analys),
Perancangan
(Design), Pengembangan
(Development),
Implementasi
(Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu
dengan observasi, dokumentasi, lembar validasi media pembelajaran, lembar
validasi RPP dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi yang
dilakukan oleh beberapa validator terhadap media video pembelajaran matematika
dan RPP dinyatakan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata validasi media
video pembelajaran matematika adalah 4,25 dari skor rata-rata 5,0 dengan kriteria
sangat baik, skor rata-rata RPP adalah 4,17 dari skor rata-rata 5,0 dengan kriteria
sangat baik. Hasil implementasi (uji coba) media video pembelajaran matematika
pada siswa mendapat respon yang baik dari siswa dengan skor rata-rata 4,2 dari
skor rata-rata 5,0 dengan kriteria sangat baik