Research Repository

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kaidah Pencacahan di SMK PAB 2 Helvetia T.P 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Maharani, Susi
dc.date.accessioned 2020-07-22T04:36:56Z
dc.date.available 2020-07-22T04:36:56Z
dc.date.issued 2020-03-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4573
dc.description.abstract Pada penelitian ini yang menjadi masalahnya adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa-apa saja kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dan apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Dalam penelitian ini hanya terdapat satu kelas, maka subjek penelitian ini adalah kelas XII Ak-1 yang berjumlah 36 orang siswa dan yang menjadi objek adalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah testulis dan wawancara. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengorganisasi pengetahuannya ketika memecahkan masalah dan pelaksanaan wawancara bertujuan untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaiakan soal yang diberikan. Dari hasil analisis yang dilakuakan pada data yang diperoleh dari tes tertulis, menunjukkan bahwa jenisjenis kesulitan siswa bedasarkan fakta terkait kesulitan konsep, kesulitan memahami prosedur dan kesulitan siswa dalam operasi hitung. Kesulitan konsep di dalam matematika menjadi penyebab lemahnya penguasaan materi secara utuh pada matematika. Kesulitan siswa dalam operasi hitung merupakan sebuah kekeliruan dalam pengerjaan hitung-menghitung, pengerjaan aljabar, pengerjaan matematika yang lainnya. Selain itu siswa juga seringkali mengalami ketidaktelitian dalam hal menyelesaiakan soal biasanya sering terjadi pada siswa yang mengalami kesulitan dalam operasi hitung dimana siswa sering keliru dalam perhitungan dan tidak teliti dengan hasil yang diperoleh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesulitan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kombinasi pada materi kaidah pencacaha, terletak pada pemahaman konsep, pemahaman prosedur dan pemahaman operasi hitung. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Kesulitan Siswa en_US
dc.subject Soal Matematika Kaidah Pencacahan en_US
dc.title Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kaidah Pencacahan di SMK PAB 2 Helvetia T.P 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account