Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi karena tidak adanya metode pendukung dalam pembelajaran yang ditandai dengan rendahnya hasil tes tugas menulis yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang berjumlah 117 siswa dan tersebar dalam 4 kelas. Dalam penentuan sampel, peneliti tidak menggunakan teknik random kelas dan menentukan sendiri kelasnya yaitu kelas X MIA 1 yang berjumlah 29 siswa.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dan instrumen penelitian yang digunakan peneliti berupa tes esai yaitu menulis karangan eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi setelah perlakuan menggunakan metode mind mapping memperoleh nilai rata-rata 80.45 termasuk dalam kategori baik sekali (A), sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan metode mind mapping memperoleh nilai rata-rata 64,59 termasuk dalam kategori cukup (C). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5.85 > 1.67. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal tahun pembelajaran 2017-2018.