Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur karena tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran yang ditandai dengan rendahnya hasil tes menulis yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tayangan rasa sayange terhadap keterampilan menulis teks prosedur oleh siswa SMP Muhammadiyah 5 Medan tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Medan yang berjumlah 74 siswa dan tersebar dalam 2 kelas. Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik random kelas dan terpilih kelas 7b yang berjuamlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 7a berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dan instrumen penelitian yang digunakan peneliti berupa tes esai yaitu menulis teks prosedur. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menulis teks prosedur setelah perlakuan menggunakan media tayangan rasa sayange memperoleh nilai rata-rata 80,36 termasuk dalam kategori baik (A), sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan media tayangan rasa sayange memperoleh nilai rata-rata 66,66 termasuk dalam kategori cukup (C). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis t diperoleh thitung> ttabel yaitu 5,74 > 1,666. Hal ini berarti terdapat pengaruh dalam penggunaan media tayangan rasa sayange terhadap keterampilan menulis teks prosedur oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Medan tahun pembelajaran 2019-2020.