Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks drama karena kurangnya media pendukung dalam pembelajaran yang ditandai dengan rendahnya hasil tes menulis yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tayangan televise Bocah Ngapak Trans7 terhadap keterampilan menulis teks drama oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Medan yang berjumlah 70 orang. Sedangkan sampel diambil secara random sebanyak dua kelas, yaitu 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan tayangan televisi Bocah Ngapak Trans7 dan 35 siswa sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan tayangan televisi Bocah Ngapak Trans7. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dan instrumen penelitian yang digunakan peneliti berupa tes esai yaitu menulis teks drama. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menulis teks drama tanpa menggunakan media tayangan Bocah Ngapak Trans7 memperoleh nilai rata-rata 43,57 termasuk dalam kategori cukup (C), sementara kelompok siswa yang menggunakan media tayangan Bocah Ngapak Trans7 memperoleh nilai rata-rata 76,14 termasuk dalam kategori Baik (B).
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis t diperoleh t hitung > t table yaitu 15,66 > 1,667. Hal ini berarti terdapat pengaruh dalam penggunaan media tayangan Bocah Ngapak Trans7 terhadap keterampilan menulis teks drama oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Medan tahun pembelajaran 2019-2020.