Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana “Pengaruh Metode Sibernetik terhadap Kemampuan Memahami Struktur Teks Fabel Oleh Siswa Kelas VII MTsN 2 Bener Meriah Tahun Pembelajaran 2019/2020”. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Bener Meriah jalan. Djamaluddin Kec. Bandar. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII tahun pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 71 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument tes yang berupa tes essai. Setelah menghitung dan mengolah data yang dilakukan
pada kelas eksperimen diperoleh hasil nilai tertinggi 23 orang siswa dan nilai terendah 3 orang siswa. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi sebanyak 4 orang siswa dan nilai terendah 5 orang siswa. Dari pemerolehan diatas, diperoleh thitung > ttabel (6,81>1,47). Dengan demikian Ha diterima. Maka
dengan kata lain adanya pengaruh metode Sibernetik terhadap kemampuan memahami struktur teks fabel oleh siswa kelas VII MTsN 2 Bener Meriah Tahun Pembelajaran 2019-2020.