Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tayang on the spot di TRANS7 terhadap kemampuan menulis teks biografi oleh siswa kelas X SMA Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2019-2020. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen total atau total sampling dengan model one–group pretest – posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Harapan Mekar Medan yang berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dengan menguji tes, yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (posttest) dengan teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya pengaruh media tayang on the spot di TRANS7 terhadap kemampuan menulis teks biografi oleh siswa kelas X SMA Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2019-2020. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (21,15 > 1,68) dengan ini penelitian yang dilakukan diterima
dan terbukti kebenarannya.