Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Concept
Sentence terhadap Kemampuan Menulis Teks Ekspositoris Siswa Kelas X SMA
Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajran 2019/2020. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga
Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 104 siswa yang terdiri 4
kelas. Sampel yang diambil dari keseluruhan populasi 104. Metode dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan
menulis teks ekspositoris digunakan tes dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian
yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas X-A (kelas eksperimen)yang
menggunakan model Pembelajaran Concept Sentence berjumlah 26 orang adalah
74,61 menunjukkan kemampuan baik. Hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui
bahwa 12 siswa (47%) kemampuan sangat baik dan 14 siswa (53%) kemampuan
baik. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata X B (kelas kontrol)
yang menggunakan Model Konvensional berjumlah 27 orang adalah 51,55
menunjukkan kemampuan kurang. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat
diketahui 5 (18%) siswa kemampuan baik, 7 (26%) kemampuan cukup, 15 (56%)
siswa kekmampuan kurang. Berdasarkan penjelasan di atas hasil hipotesis yang
diperoleh rata-rata siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Concept
Sentence sebesar 74,61 lebih tinggi dari pada pada hasil rata-rata siswa
menggunakan model Konvensional sebesar 51,55. Berdasarkan uraian di atas,
dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan
Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks
ekspositoris kelas X SMA Yayasan Pendidkan Keluarga Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020.