Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
antara pelayanan teller terhadap tingkat kepuaan nasabah bank syariah bukopin
cabang medan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adala pendekatan
sistematis. Populasi penelitian ini adalah nasabah bank syariah bukopin cabang
medan dan sampel yang memenuhi kriteria dalam penarikan untuk penelitian ini
berjumlah 36 nasabah.
Variabel indenpenden yang di gunakan dalam penelitian ini adalah
pelayanan teller, sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan nasabah.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji
reabilitas, uji normalitas, uji regresi sederhana, uji t dan uji r. Pengelolaan data
dalam penelitian ini menggunakan microsoft excel 2007 dan program softwere
SPSS (statistic package for the social sciens) 22.0 for windows.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara pelayanan teller dan kepuasan nasabah. Besarnya pengaruh
tersebut adalah 0,651 atau 56,1 %. Sedangkan sisanya sebesar 48,4% di pengaruhi
faktor lain di luar penelitian atau di luar persamaan regresi.